banner-hjb-534-pemkab>

RSUD Ciawi Bantah Tahan Pasien Karena Tak Punya Biaya

0

Ciawi, bogorpos.com – Terkait pemberitaan mengenai tidak diizinkannya salah satu pasien RSUD Ciawi, Kabupaten Bogor untuk kembali ke rumahnya dengan alasan tidak memiliki kemampuan untuk membayar biaya persalinan dengan operasi Caesar, RS plat merah tersebut dengan tegas membantah jika pihaknya melakukan seperti yang dituduhkan keluarga pasien.

Wakil Direktur RSUD Ciawi dr Eulis Wulantari kepada media menerangkan, yang terjadi dalam penanganan pasien bernama Ida Sundari (23), Warga Desa Karang Tengah, RT 1 RW 5, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, yang melahirkan di RSUD Ciawi, murni karena alasan medis dan bukan persoalan biaya seperti yang ramai diberitakan media. (Baca :  RSUD Ciawi Tak Izinkan Pasien Miskin Pulang Sebelum Bayar Biaya Caesar)

“Kalau kita izinkan pulang, itu akan berbahaya untuk bayinya. Jadi kita harus tangani dulu si bayi, sebab kadar bilirubin-nya sangat tinggi,” terang Eulis.

Pihak RSUD Ciawi, lanjut Eulis, tetap memprioritaskan prinsip “Life Saving” dalam menangani setiap warga Kabupaten Bogor yang berobat. “Buktinya kan pasien itu tetap kami lakukan operasi Caesar meski secara persyaratan administrasi tidak lengkap,” ujarnya.

“Jadi tidak ada itu kami menahan keinginan pasien untuk pulang ke rumahnya dengan alasan tidak ada biaya,” kata dia

Hingga kemarin, kata Eulis, keluarga pasien belum juga mau menandatangani surat pernyataan yang memberikan izin kepada pihak RSUD untuk melakukan tindakan medis yang diperlukan untuk menolong bayinya. “Ayah dan Ibunya tetap tidak mau menandatangani meski terus kami bujuk, karena tindakan itu yang diperlukan si bayi agar selamat,” pungkasnya.

Share.

Leave A Reply