banner-hjb-534-pemkab>

Ini Dia Cara Menjadi Peserta BPJS Kesehatan Dengan Mudah

1

bogorpos.com – Fantastis!. Di tahun 2015 ini program yang mengcover Untuk Indonesia Sehat  atau BPJS Kesehatan mencapai  150 juta peserta diseluruh Indonesia dan ini menjadikan Program Indonesia Sehat  sebagai program jaminan sosial terbesar di dunia.

Dengan demikian, dapat dikatakan antusiasme masyarakat Indonesia ingin mendapatkan hidup sehat dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan sangat tinggi.

Langkah mendaftarBPJS Kesehatan online terbaru saat ini berbeda dengan pendaftaran tahun 2014 lalu. Hal ini dikarenakan pendaftaran jaminan sosial kesehatan terbaru mewajibkan mendaftarkan 1 keluarga.

Sistem pendaftaran online yang terbaru sendiri sudah dimulai sejak tanggal 2 Januari 2015. Di sistem baru ini terlihat bahwa badan jaminan sosial lebih tegas mendaftarkan JKN dari seluruh anggota keluarga, sehingga jika anda hanya ingin mendaftar satu nama saja tentunya tidak akan bisa.

Bagi anda yang sekarang ini ingin mendaftar jaminan sosial melalui sistem online, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs halaman pendaftaran jaminan sosial kesehatan.

Setelah berhasil masuk ke dalam halaman pendaftaran online tersebut Anda dapat melanjutkan ke tahap pendaftaran.Silahkan centang tombol yang berisi mengenai keterangan bahwa Anda bersedia menerima dan menyetujui semua syarat dan ketentuan dari layanan pendaftaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.Selanjutnya jangan lupa mengklik tombol “Daftar/Pendaftaran”.

Setelah itu, anda dapat mengisikan nomor dari kartu keluarga Anda. Masukkan pula huruf validasi dengan benar. Anda juga harus mencentang keterangan yang menyatakan bahwa memasukkan data tersebut Anda berarti sah mendaftarkan diri sekaligus semua anggota keluarga Anda. Silahkan Anda lanjutkan dengan klik tombol yang bertuliskan “Inquiry Kartu Keluarga”. Sebelumnya pastikan bahwa nomor kartu keluarga yang sudah Anda masukkan sudah benar.

Nantinya system akan melakukan verifikasi data secaraotomatis dengan cara menampilkan semua data anggota keluarga yang tercantum dalam KK. Jika memang salah satu anggota keluarga terdaftar sebagai pemegang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial, khususnya kesehatan maka sistem pendaftaran online tersebut otomatis menolak sekaligus menyarankan kepada Anda untuk mengurus anggota keluarga Anda yang lainnya melalui kantor cabang. Jika Anda berniat untuk mendaftarkan sebagian anggota keluarga Anda yang tercantum di dalam KK, maka sistem juga akan melakukan penolakan.

Identitas data peserta akan secara otomatis terisi sehingga jika di dalam KK Anda terdapat 5 orang, maka sistem akan menyiapkan data untuk 5 nama. Selanjutnya Anda hanya tinggal mengisi beberapa kolom kosong yang memang belum dapat terisi secara default oleh sistem pendaftaran.

Kolom yang belum terisi tersebut sebenarnya hanya NPWP, nomor HP,  Askes dan Kelurahan. Ketika anda akan melengkapi semua data tersebut, pastikan bahwa semua data yang anda masukkan sudah lengkap dan benar. Jika semua sudah lengkap, anda harus mencentang pilihan yang menyatakan alamat dari aktivitas surat menyurat yang Anda lakukan menggunakan alamat sesuai KTP.

Kemudian unggah foto close up dari semua peserta yang Anda daftarkan. Ingat, foto tidak boleh melebihi 50 kb. Klik proses selanjutnya.

Memasuki proses selanjutnya anda diharuskan mengisi data identitas dari anggota keluarga lainnya. Sesuai dengan contoh yang digunakan kali ini artinya anda harus memasukkan 5 identitas beserta foto yang perlu anda persiapkan (Kepala Keluarga dan anggota keluarga seperti istri serta anak).  Di dalam mengisikan iuran sekaligus bank sejauh ini masih sama seperti sistem pendaftaran terdahulu.

Selain adanya kewajiban bagi anda untuk memiliki rekening dari bank-bank ternama di Indonesia, seperti Mandiri, BRI atau BNI, para calon peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Indonesia juga wajib memiliki email yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi e-ID kartu JKN jaminan sosial kesehatan. Untuk verifikasi email tentunya masih sama sepertihalnya pendaftaran BPJS online terdahulu.

Share.

1 Comment

Leave A Reply