banner-hjb-534-pemkab>

5 Cara Bangun Bisnis Sampingan Tanpa Berhenti Kerja

0

Bogor, bogorpos.com – Untuk benar-benar menjadi  seorang pengusaha, Anda tak perlu meninggalkan pekerjaan utama yang Anda jalani saat ini. Meski banyak orang yang pada akhirnya berhenti dan meninggalkan pekerjaannya untuk mengurus bisnisnya, tapi hal tersebut sebetulnya tak perlu dilakukan oleh kalian yang tetap ingin memiliki penghasilan cadangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebelum keuntungan dari bisnis yang kalian jalani dapat mencukupi segala kebutuhan kalian.

Kita bisa ambil contoh beberapa artis terkaya di Indonesia yang memiliki usaha sampingan selain kesehariannya sebagai selebriti di tanah air, seperti Inul Daratista yang memiliki usaha karaoke keluarga, Zaskia Mecca yang memiliki usaha fashion muslim, Raffi Ahmad yang memiliki banyak bidang usaha yang dijalani. Menjadi seperti mereka, menjalani pekerjaan utama dan memiliki usaha sampingan bisa Anda lakukan dengan ambisi tinggi, tapi jangan lupa ada beberapa hal lain yang harus kalian perhatikan dalam menjalankan bisnis sekaligus bekerja. Karena tak semua orang mampu melakukan itu, maka ikutilah beberapa tips di bawah ini.

  1. Tujuan Berbisnis

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, pertama-tama Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan untuk memiliki bisnis sampingan. Yakinkan diri Anda bahwa apapun tujuannya, akan terus memotivasi dan membantu Anda untuk komitmen akan semua hal yang harus dilakukan untuk pengembangan bisnis Anda ke depannya.

  1. Visi & Misi Pribadi

Jika pada poin pertama kita berbicara mengenai tujuan berbisnis, kini Anda harus memiliki juga visi & misi pribadi. Apakah yang sangat ingin Anda capai dengan menjalankan bisnis sampingan ini. Apa yang akan Anda lakukan dengan bisnis ini, produk seperti apakah yang akan Anda tawarkan kepada khalayak, dan siapakah sasaran pasar produk Anda.

  1. Bergabung dengan Komunitas

Jangan biarkan diri Anda untuk meraba-raba mengenai bisnis dari industri yang kalian tekuni. Carilah beberapa komunitas offline dan online untuk mendapatkan berbagai tips, trik, saran, dukungan dan tentunya juga akan menambahkan jejaring kalian. Siapa tahu di antara mereka ada yang bisa diajak bekerja sama untuk sama-sama membangun bisnis dalam industri yang sama. Komunitas juga akan menjaga semangatmu untuk berbisnis lebih baik lagi, sebab kamu tak akan merasa sendirian.

  1. Tetap Positif di Pekerjaan Utama

Meski Anda sedang membangun bisnis sampingan Anda, bukan berarti Anda melupakan pekerjaan utama yang sudah dikerjakan selama bertahun-tahun. Memiliki pikiran positif dalam menjalani pekerjaan maupun bisnis Anda akan membantu Anda agar tetap berkonsentrasi penuh menjalani keduanya dengan maksimal.

  1. Daily Goals

Agar perkembangan terlihat dalam bisnis yang Anda jalani, maka Anda perlu menetapkan Daily Goals untuk bisnis Anda. Pada langkah awal, mungkin Anda tak akan merasakan perkembangan yang begitu besar, dengan menetapkan Daily Goals ini Anda juga dapat membantu Anda agar termotivasi melakukan inovasi-inovasi tertentu bagi bisnis sampingan yang Anda jalani. Evaluasi yang dilakukan dari hari ke hari pasti akan membawa hasil yang juga memuaskan.

Modal dana yang besar memang salah satu sumber yang dibutuhkan sebuah usaha, tapi hal itu bukanlah segalanya. Ide dan kreativitas Anda dituntut untuk berperan di sini. Meski tanpa modal segudang, bisnis sampingan yang Anda jalani bisa juga meraih kesuksesan seperti kebanyakan bisnis sampingan yang dijalani oleh para selebritis. Sudahkah Anda siap menjadi pengusaha sukses menyaingi popularitas para selebirtis tanah air?

Share.

Leave A Reply