banner-hjb-534-pemkab>

Pancing Anak Gemar Matematika, Timnas Rumania Pakai Jersey Unik

0

Rumania, bogorpos.com – Nomor punggung dalam jersey tim sepak bola adalah hal yang biasa sekaligus diwajibkan ada oleh otoritas sepakbola dunia dalam pertandingan resmi. Namun, yang dilakukan oleh otoritas sepakbola Rumania terhadap jersey tim nasionalnya ini betul-betul diluar kebiasaan.

Ya, tim nasional negara belahan timur Eropa ini tidak sekadar menggunakan angka biasa seperti jersey lainnya, tapi menggunakan hitung-hitungan matematika. Jadi untuk tahu nomor punggung yang dipakai seorang pemainnya, kita mesti sedikit mengernyitkan dahi guna menghitung secara matematis. Menarik bukan?

Jersey dengan nomor punggung unik tersebut digunakan Rumania ketika bertanding dalam laga persahabatan melawan Spanyol di Cluj Arena, , Senin (28/3/2016). Menurut Federasi sepakbola Rumania, pihaknya memang sengaja menggunakan angka hitung-hitungan ini agar dapat menarik minat anak-anak terhadap pelajaran matematika.

Seperti tampak dalam gambar yang kami peroleh dari internet, ada pemain yang menggunakan nomor punggung 2 x 3 yang berarti pemain tersebut menggunakan nomor punggung 6. Lalu lainnya ada yang menggunakan nomor 2 x 7, yang hasil pengaliannya adalah 14 sebagai nomor punggung si pemain.

“Kami harus melihat matematika dan sepak bola bukan hanya sebagai sebuah pelengkap tapi elemen mendasar yang terintegrasi dalam pelatihan dan kesempurnaan anak-anak. Kami ingin memiliki generasi yang sehat dan cerdas yang mencapai hal itu melalu cara yang mereka sukai. Melalui proyek ini, anak-anak akan belajar dasar-dasar sepak bola dan mengenali matematika melalui pendekatan yang menarik,” terang Presiden Federasi Sepakbola Rumania Razvan Burleanu sebagaimana yang kami kutip dari Fox Sport.

Sejatinya, cara penomoran semacam yang dilakukan oleh timnas Rumania ini tidak betul-betul orisinil. Sebelumnya pernah ada yang melakukan cara penomoran yang sama yang dilakukan oleh mantan striker timnas Chile, Ivan Zamorano saat bermain di klub Serie A Inter Milan. Saat itu Zamorano menggunakan nomor punggung 18 namun dengan menyelipkan operator tambah (+) sehingga bisa juga dibaca sebagai nomor 9.

Share.

Leave A Reply