banner-hjb-534-pemkab>

Ratusan Siswa Tidak Ikut UN SMP, DPRD Cianjur Panggil Disdik

0

Cianjur, bogorpos.com – DPRD Cianjur bakal memanggil Dinas Pendidikan (Disdik) Cianjur terkait ratusan siswa SMP yang tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) atau putus sekolah beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Komisi IV DPRD Cianjur, Sapturo, Minggu (29/05/2016). Ia menyebut jumlah siswa yang tidak ikut UN yang mencapai ratusan merupakan angka yang fantastis dan harus patut dicari penyebabnya.

“Bayangkan saja, totalnya sampai 302 siswa, puluhan siswa saja sudah menjadi hal yang serius apalagi dengan jumlah tersebut,” ujar Sapturo.

Dengan angka tersebut, sambung dia, maka angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Murni (APM) dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Cianjur akan sulit naik. “Sekarang Cianjur ini di bawah rata-rata, bagaimana mau meningkat jika yang putus sekolah sudah mencapai ratusan di tingkat SMP,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Cianjur mencatat, sebanyak 424 siswa SMP tidak mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional 9 Mei 2016 kemarin. Mayoritas siswa yang tidak ikut UN, menurut keterangan yang disampaikan pihak Disdik karena malas untuk sekolah, sehingga memilih berhenti atau tidak menamatkan pendidikan di tingkat SMP.

Sementara itu, untuk di tingkat SMA/SMK, siswa yang tidak ikut UN berjumlah 29 orang dan di tingkat SD jumlahnya mencapai 26 siswa.

Share.

Leave A Reply