banner-hjb-534-pemkab>

Berkunjung dan Melihat Penangkaran Penyu Ujung Genteng

0

Sukabumi, bogorpos.com – Kawasan wisata Ujung Genteng selain terkenal dengan deretan pantainya yang indah juga dikenal karena terdapat cagar alam penangkaran penyu (Chelonia mydas) yang berlokasi di Pantai Pangumbahan. Tempat ini dibuka untuk umum pada pagi hingga sore hari. Tiket masuknya terbilang murah, cuma Rp 10ribu saja per orang.

Penangkaran penyu ini dijaga ketat oleh petugas dari Unit Pelaksana Teknis Kelautan Kabupaten Sukabumi. Telur penyu yang dihasilkan per malamnya bisa mencapai 200 butir dan segera dilindungi oleh petugas dari pelaku pencurian maupun predator. Tukik atau bayi penyu yang baru menetas lantas segera dikembalikan ke Pantai Pangumbahan pada sore hari dan menjadi atraksi khusus bagi para pengunjung karena pengunjunglah yang melepaskannya ke laut lepas.

Pelepasan tukik ke laut merupakan salah satu upaya perlindungan penyu. Apabila datang pada saat yang tepat, Anda dapat ikut berpartisipasi dalam pelepasan tukik ke laut

Hamparan pasir nan lembut di kaki adalah hal pertama yang menyambut ketika berkunjung ke pantai ini. Begitu luas, hingga anda sulit untuk menjelajahi satu ujung ke ujung lainnya. Pantai Pangumbahan tidak hanya indah, namun juga unik, terdapat tempat penangkaran penyu atau tukik di pantai ini.

Share.

Leave A Reply