banner-hjb-534-pemkab>

Pawai Di Cianjur, ‘Kuda Kosong’ Turun Ke Jalan

0

Cianjur, bogorpos.com – Kuda kosong atau Pawai kuda kosong adalah budaya dan tradisi turun temurun di Cianjur. budaya asli dari Cianjur ini biasanya di adakan satu tahun sekali. biasanya di gelar bertepatan dengan hari jadi Kota Cianjur, yang pelaksanaannya sering di satukan dengan perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu pada 17 Agustus setiap tahunnya, seperti pawai yang digelar hari ini Sabtu, (20/8/2016)

“Pawai mulainya dari jam delapan pagi, start dari jalan Jebrod,” kata Adi Muhayat warga Cikidang Cianjur kepada bogorpos

Pawai hari ini mengelilingi kota cianjur, yang dimulai dari depan Pendopo kabupaten cianjur, terus melintasi beberapa jalan protokol. dan Kuda kosong menempati barisan pertama dipawai tersebut. Sejak pagi warga masyarakat Cianjur tumpah ke jalan, menunggu iring-iringan pawai. Dari anak-anak, dewasa hingga orangtua memadati sepanjang jalan.

Ibarat sayur tanpa garam, sebuah arak-arakan dalam berbagai momentum di Cianjur seakan tidak akan semarak tanpa kehadiran Kuda Kosong.

Kuda Kosong merupakan sebuah tradisi seni dan budaya asli Cianjur. Tambah Adi, Budaya ini sudah sedemikian melekat bagi masyarakat Cianjur. Tidak hanya kalangan generasi tua, kalangan muda pun tidak asing lagi dengan Kuda Kosong.

“Tanpa kehadiran Kuda Kosong, sebuah pawai arak-arakan berbagai momentum tidak lengkap,” pungkasnya. (Djava)

Share.

Leave A Reply