banner-hjb-534-pemkab>

BPJS Antisipasi Adanya Pungli

0

Bogor, bogorpos.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS mewaspadai terjadinya pungli atau pungutan liar yang dalam waktu satu bulan terakhir marak terungkap.

Saat ditemui di kantor BPJS Kesehatan Jln. A. Yani, Kota Bogor pada Jumat (14/10/2026), Kepala BPJS Kesehatan, Mahat kusumadi. S.kom. AAAK mengutarakan kewaspadaannya.

“Banyaknya pembicaraan tentang pungutan liar yang terjadi di media massa akhir-akhir ini, membuat kita semakin waspada,” katanya.

Pasalnya, lanjut Mahat, di BPJS Kesehatan pun sering terjadi aksi tidak terpuji tersebut. Berbagai macam cara dilakukan, “bahkan sampai ada yang berpura-pura membuat kartu kematian agar bebas dari biaya tagihan,” ujar Mahat.

Upaya yang dilakukan saat ini baru sebatas pencegahan. Seperti menerapkan jika ada pendaftar atau penerima yang mendaftar tidak sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) pendaftar atau penerima tersebut langsung di diskualifikasi.

Mahat menambahkan, yang paling banyak terjadi adalah ketidaksesuaian nama pendaftar dengan nama yang tercantum di KK.

Sebagai bentuk antisipasinya, pihak BPJS Kesehatan, langsung mendiskualifikasi orang tersebut.

Kedepannya, kata Mahat, semoga dengan upaya yang pihaknya lakukan dapat mencegah terjadinya praktek pungli di BPJS Kesehatan. (Arya Rusmana)

Share.

Leave A Reply