banner-hjb-534-pemkab>

Ini Cara Komunitas Belajar Damar Peringati Sumpah Pemuda

27

Citeureup, bogorpos.com – Komunitas yang menamai dirinya Komunitas Belajar Damar menggelar kegiatan peduli lingkungan dan peduli pendidikan dalam memperingati hari Sumpah Pemuda tahun ini.

Mengambil lokasi di RW 07, Kampung Parung Ponteng, Desa Tajur, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, yang merupakan salah satu wilayah yang cukup sulit dijangkau di Kabupaten Bogor, Komunitas Belajar Damar menggandeng puluhan orang yang terdiri dari pelajar sekolah dasar, biker, hingga kelompok warga untuk melakukan aksi penanaman pohon damar di wilayah tersebut, Sabtu (29/10/2016).

Ketua pelaksana kegiatan Munandar Ahmad kepada bogorpos mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk mengugah kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Menurut kami hal sederhana yang bisa dilakukan untuk peringatan sumpah pemuda adalah membangun kesadaran terutama generasi muda agar selalu peduli terhadap kondisi lingkungannya,” kata dia.

“Pohon Damar kami pilih sebagai pohon yang ditanam karena sesuai dengan nama komunitas kami,” imbuhnya.

komunitas-belajar-damar1

Proses menanam pohon damar di wilayah tersebut, sambung Munandar, tidaklah mudah karena medan yang dihadapi cukup sulit. “Peserta kegiatan harus melalui jalan perbukitan yang cukup menantang, terutama saat kepulangan karena turun hujan,” tuturnya.

Namun berkat kegigihan, kekompakan, dan pengalaman terutama para biker, kegiatan penanaman pohon dapat dituntaskan dengan baik.

Selain menanam pohon, komunitas belajar damar juga memberikan bantuan beasiswa kepada 20 orang pelajar dari SDN Tajur 7, Kabupaten Bogor. “Dalam hal peduli pendidikan, kami berikan beasiswa untuk 20 pelajar berprestasi, bingkisan, dan pakaian layak pakai,” ujarnya.

komunitas-belajar-damar-3

Sementara, Ketua Komunitas Belajar Damar, Deni Hidayat Mukti menjelaskan, kegiatan semacam ini bakal dijadikan agenda rutin komunitas.

“Ini akan kita jadikan agenda tahunan. Kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini yakni, Warga RW 7 Parung Ponteng, SDN Tajur 7, CIRC, fasilitator Kotaku Kabupaten Bogor, sahabat damar, dan AMY Center, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya,” tukas Deni.

Share.

27 Comments

    • Semangatkan hari mu sahabat DAMAR. semoga kegiatan ini bisa mengetuk hati pemuda pemudi Indonesia lain agar lebih banyak lagi yang sadar akan pentingnya berbagi. dan masyarat lebih sadar akan lingkungan juga anak~anak sekolah semakin bersemangat untuk meraih prestasi.
      Berbagi itu Indah. Berbagi itu berkah. Sukses selalu DAMAR Community dan pihak~pihak lain yang ikut serta membantu dan memeriahkan kegiatan ini.

  1. munandar on

    belajar dari yang kecil, dengan penuh harap menjadi besar, DAMAR, BISA!
    terimakasih buat semua yang terlibat, kepada pihak yang belum tersebutkan SMK ANISA yang telah memberi bingkisan, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) program KOTAKU, dan kepada Fasilitator KOTAKU yang ada di seluruh nusantara,khusus untuk yang telah terlibat di komunitas DAMAR.
    bogorpos.com tks buat liputannya. salam sukses.

    • eriek herdiyana on

      Saya sebagai…perwakilan ..Smk Annisa khususnya Smk teknik informatika annisa 2 sungguh bahagia..bisa belajar..dan berbagi..bersama Komunitas belajar..damar..bukan ilmu..saja yang di dapat…namun hati yang beku..ini kini telah kembali..
      Untuk berperan…dan terus berkontribusi…kepada saudara..2..kita…Smk teknik informatika annisa 2 dan Komunitas Damar..Belajar…isya Allah..akan menggelar gerakan 5000 Buku…tulis…untuk sahabat kecil ..anak2 SD..d.kecamatan Citeureup khususnya..Desa Parung ponteng…kegiatan ke depan ini sudahendapt respon dari ketua komunitas…Deni Hidayat mukti…tinggal menunggu..waktu dan tanggal d tetapkan…

  2. Acara yg luar biasa, yg mengajak anak akan sadar lingkungan hidup serta tidak luput dari tanaman khas BOGOR yang menjadi nama kebanggan “DAMAR” sukses selalu. Semangat pemuda indonesia

  3. Pemuda Pemudi DAMAR Luar Biasa. Semangatkan hri mu. Bahagiakan cerita mu. Jaya selalu DAMAR.

  4. Yang dibutuhkan bangsa ini adalah pemuda yang berkarakter…berbuat saja hal positif, bukan besar kecilnya yang menjadi ukuran tapi keikhlasan dan komitmen untuk berbuat sesuatu bagi negeri tercinta ini #INDONESIA

  5. Yang dibutuhkan bangsa ini adalah pembangunan karakter, berbuat saja terus hal positif untuk lingkungan sekitarmu. Besar kecilnya suatu aksi bukan ukuran. Tapi keihklasan dan komitmen untuk berbuat jauh lebih penting. Semangat….

  6. A. Rahman P on

    Teruskan para pemuda, ditangan mu bangsa indonesia lebih maju.
    Kalau bukn kita sapa lagi
    Waktunya bertindak, bukn hanya bicara

  7. Semangatkan hari mu sahabat DAMAR. semoga kegiatan ini bisa mengetuk hati pemuda pemudi Indonesia lain agar lebih banyak lagi yang sadar akan pentingnya berbagi. dan masyarat lebih sadar akan lingkungan juga anak~anak sekolah semakin bersemangat untuk meraih prestasi.
    Berbagi itu Indah. Berbagi itu berkah. Sukses selalu DAMAR Community dan pihak~pihak lain yang ikut serta membantu dan memeriahkan kegiatan ini.

  8. setiap kebaikan tidak ada nilai kecil atw besar karena semua kebaikan tidak ternilai. semoga orang-orang yang mendukung kegiatan di atas baik secara tenaga, materi maupun doa ditambahkan rezekinya oleh Allah SWT. DAMAR….. semangatkan hari mu..

  9. Pemuda yng peduli terhadap lingkungan adalah pahlawan bangsa…
    Aki-aki yng peduli terhadap lingkungan di sebut pemuda tingkat lanjut bukan aki-aki

  10. andrea dychan on

    Inilah contoh para pemuda luar biasa, melakukan kegiatan positif, belajar berbagi kepada warga masyarakat, mudah2an selalu semangat dan bisa menjadi contoh yg baik bagi para pemuda yg lainnya..

  11. sederhana yang luar biasa… DAMAR pahlawan Bangsa… yang bergerak nyata bukan wacana… LANJUTKAN

Leave A Reply