banner-hjb-534-pemkab>

Selain Wayang Golek , di Jelekong Ternyata Banyak Pelukis Handal

0

Bandung, bogorpos.com – Jelekong Bandung sudah mahfum dikenal khalayak dalam dan bahkan luar negeri sebagai kawasan Wayang Golek. Hal ini tentu saja tidak lepas dari keberadaan Kampung Seni Giri Harja serta peran sentral seorang masetro wayang golek nan mashur ke seantero jagad, Asep Sunandar Sunarya.

Namun ternyata selain wayang golek, di Jelekong juga terdapat tidak kurang dari 600 pelukis, yang seakan tak pernah kehabisan energi untuk memproduksi karya-karya lukis yang bagus. Diakui salah satu putra Almarhum Asep Sunandar Sunarya, yakni Bhatara Sena, selama ini para seniman lukis Jelekong jarang muncul ke permukaan. Oleh karena itu agar lebih mudah diketahui publik, ia dan koleganya Didi Suryadi yang aktif komunitas Gurat-Komunitas pelukis Jelekong- mendorong agar para pelukis yang tergabung di komunitas lebih memanfaatkan keberadaan padepokan seni wayang golek yang sudah lebih dulu eksis.

“Selama ini kan tersembunyi di Jelekong, maka saya dan Komunitas Gurat yang di ketuai oleh Didi Suryadi mempunyai gagasan untuk melukis di Padepokan agar lebih diketahui orang banyak, bahwa di Jelekong terdapat banyak pelukis,” ujar Bhatara Sena.

Lebih jauh ia mengatakan, padepokan tersebut hakikatnya memang dibangun untuk para seniman. “Padepokan ini memang dibangun untuk memfasilitasi seniman. Kedepannya juga bakal ada penabuh gamelan dan latihan tari, mudah-mudahan dengan cara ini padepokan bisa hidup walaupun gedungnya belum beres total,” pungkasnya. (Djava)

Share.

Leave A Reply