banner-hjb-534-pemkab>

Piala AFF 2016, Indonesia Wajib Menang

0

Bogor, bogorpos.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia dipastikan bakal tampil habis-habisan dalam Laga semifinal leg pertama piala AFF Suzuki Cup 2016 melawan Timnas Vietnam di Stadion kebangga “Urang Bogor” Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (3/12/2016).

Kemenangan, terlebih dengan skor yang cukup besar harus menjadi target yang dibidik skuat Alfred Riedl agar menjadi modal yang signifikan saat laga away di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu (7/12/2016) mendatang. Meskipun berstatus sebagai tuan rumah, tentu saja bukan perkara mudah bagi Indonesia untuk meraih kemenangan. Ada dua alasan yang tepat untuk kesimpulan itu, pertama, secara kualitas tim, Vietnam memang sedikit lebih baik di atas Indonesia. Yang kedua, timnas tidak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya lantaran dua pilar utama di lini belakang, yakni Fachruddin Aryanto dan Yanto Basna tak dapat diturunkan akibat hukuman akumulasi kartu kuning.

Alasan terakhir tentu membuat Riedl harus memutar otak guna menutupi celah tersebut. Riedl memiliki dua pilihan yakni Manahati Lestusen dan Gunawan Dwi Cahyo. Seperti diketahui, keduanya sempat bertandem pada timnas U-23. Dan keduanya pernah bermain di level yang sama.

Riedl mengatakan bahwa ia harus mengantisipasi kecepatan lini serang Vietnam. “Kami sudah pernah bertemu dengan Vietnam pada dua laga eksebisi. Tapi pertandingan sesungguhnya adalah besok,” ungkapnya saat menggelar konferensi pers di Aston Sentul Lake Resort, Jumat (2/12/2016).

Menurut dia, kemenangan melawan Vietnam adalah wajib, sebab pada leg kedua nanti Indonesia harus bertandang ke markas Vietnam. “Kami tidak mau berakhir sampai disini (semifinal). Sebelumnya, Indonesia tak diperhitungkan. Tetapi kita membuktikan bisa lolos ke semifinal. Vietnam adalah tim kuat, makanya kami akan terapkan strategi jitu untuk meredam tamu mencetak gol,” ujarnya lagi.

Saat ditanya apa kendala Indonesia sehingga selalu kesulitan mencetak gol di babak pertama. Riedl menyatakan bahwa sebenarnya tak ada masalah apapun. “Tidak ada, mungkin mereka (lawan) terlalu kuat. Tapi pada babak kedua kami mempelajari permainan di babak pertama untuk menciptakan gol,” katanya.
Lebih lanjut, Alfred memilih bungkam ketika awak media menanyakan secara spesifik soal strategi yang akan diterapkan, dan apakah Andritany akan menggantikan Kurnia Meiga. “Itu tidak bisa saya katakan,” katanya.

Sementara itu, kiper nomor dua Indonesia, Andritany menjawab secara diplomatis terkait tujuh gol yang telah bersarang di gawang Indonesia. “Itu bukan kesalahan kiper ataupun bek. Sepakbola adalah permainan kolektif,” katanya.

Saat disinggung apakah Andritany sudah siap menggantikan Kurnia Meiga. Ia menyatakan bahwa hal itu adalah urusan pelatih. “Pantas atau tidak itu adalah keputusan pelatih,” ucapnya.

Sementara, pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang mengatakan, laga di Pakansari merupakan pertandingan penting, dan kedua tim saat ini sedang dalam kondisi prima. “Kami sudah pernah bertemu di laga eksebisi, dan saya harap laga nanti akan dapat dinikmati oleh semuanya,” kata dia.

Menurut Huu Thang, Indonesia menunjukan kenaikan grafis yang luar biasa dari pertandingan satu ke laga lainnya. “Indonesia bisa mengkreasi serangan yang berbahaya, mereka dapat membuat peluang, dan semua pemainnya berbahaya. Kami harus mewaspadai hal itu,” pungkasnya.

Perkiraan Susunan Pemain:
Indonesia (4-4-1-1): Andritany; Abduh Lestaluhu, Manahati, Gunawan Dwi Cahyo, Benny Wahyudi; Rizky Pora, Evan Dimas, Bayu Pradana, Andik Vermansah; Stefano Lilipaly; Boaz Salossa.

Vietnam (4-4-2): Nguyen Tran Manh; Au Van Hoan, Dihn Tien Thanh, Que Ngoc Hai; Ngo Hoang Thinh, Luong Xuan Truong, Dihn Tran Trung, Vu Van Thanh; Ngyuen Van Quyet, Le Cong Vinh.

Share.

Leave A Reply