banner-hjb-534-pemkab>

“Lawang Salapan” Ikon Baru Kota Bogor Resmi Diluncurkan

1

Bogor, bogorpos.com – Warga Kota Bogor kini boleh lebih berbangga hati. pasalnya, Pemerintah Kota Bogor baru saja meresmikan ikon baru Kota Bogor Tepas Salapan Lawang Dasakerta (TSLD) Rabu (7/12/2016).

Peresmian TSLD, bangunan pilar-pilar besar yang mewah nan gagah bergaya arsitek romawi itu diresmikan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto dengan turut disaksikan perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, unsur pimpinan Muspida, para camat dan lurah serta masyarakat umum.

Prosesi peresmian diawali dengan penampilan seni tari khas Sunda, Jaipong yang menarik perhatian warga yang tengah melintas di kawasan sekitar Tugu Kujang yang menjadi lokasi acara.

Lawang Salapan dibangun dengan anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bima mengatakan, pembangunan Lawang Salapan ini sejalan dengan program pelestarian kota-kota pusaka yang ada di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Bogor.

“Kota Bogor adalah kota pusaka, karena kota ini dibangun dan dirawat oleh nilai-nilai pusaka serta nilai-nilai luhur yang diajarkan dan diturunkan oleh para leluhur. Jadi kota pusaka bukan hanya sekadar mempercantik atau menambah keindahan kota. Tetapi, kota pusaka adalah ikhtiar untuk selalu merawat semangat turun temurun dari generasi ke generasi,” ungkap Bima.

Dengan telah berdirinya Lawang Salapan ini, jelas Bima, bukan hanya untuk memperindah atau mempercantik Kota Bogor, tapi lebih dalam dari itu. Yaitu untuk memuliakan sejarah, untuk meneruskan nilai-nilai semangat semua untuk selalu memberikan yang terbaik bagi Kota Bogor.

“Lawang Salapan yang berdiri megah ini diharapkan akan selalu mengingatkan semua bahwa Kota Bogor pernah jaya. Bahwa Kota Bogor pernah mengalami masa-masa yang hebat dimana lima abad yang lalu di tempat ini dan di kota ini berdiri pusat kekuasaan yang memakmurkan warganya yang membuat mereka bangga kepada pemimpinnya,” tandas Bima.

Share.

1 Comment

  1. Saya suka dengan bentuk tiang-tiangnya, tapi setelah saya lihat langsung ke lokasi sepertinya tulisannya kurang besar karena posisinya ada di puncak tiangnya, jadi kelihatan kecil. Itu menurut saya hehe

Leave A Reply