banner-hjb-534-pemkab>

Mentas di Bogor, Putra Giri Harja 3 Bawakan Lakon Maruta Suta

0

Caringin, bogorpos.com – Pagelaran wayang golek dari Putra Giri Harja 3, dengan lakon Maruta Suta, garapanKi Dalang H Dadan Sunandar Sunarya di Kampung Pasirkuda Desa Pancawati Caringin Kabupaten Bogor Sabtu, (10/12/2016) malam menjadi hiburan yang ditunggu-tunggu oleh warga sekitar. pementasan wayang golek dalam rangka memenuhi undangan panggilan dari salah seorang warga yang menggelar hajatan.

Tokoh pemuda Pancawati, Manhalul Irfan kepada bogorpos mengatakan seni pertunjukan wayang golek merupakan seni budaya warisan leluhur yang seharusnya dijaga dan dilestarikan. Pagelaran malam ini bukan hanya hiburan, tapi dapat memupuk rasa cinta kepada kesenian itu sendiri.

“Wayang golek memiliki filosofi yang dalam, selain sebagai media hiburan, wayang golek juga sangat epektif dalam menyampaikan syiar agama, pendidikan moral dan budi pekerti,” kata Irfan.

Pagelaran wayang golek yang dimulai pukul 21.00 wib sampai dengan selesai tersebut menyedot perhatian, ratusan warga sekitar betah menonton meskipun semalam suntuk, pasalnya wayang golek di kampung itu sudah jarang bahkan terbilang langka. Dari anak-anak, dewasa hingga orangtua melebur menjadi satu mengikuti jalannya cerita. Terlebih disaat si Cepot muncul dengan banyolan khasnya, dan sempat interaksi dengan warga.

“Mudah-mudahan pementasan wayang golek tidak hanya ditempat hajatan, tapi sudah saatnya disetiap instansi pemerintah baik di kota bogor maupun kabupaten,” harapnya.

Pagelaran pada malam itu juga menjadi ajang silaturahmi bagi para pecinta wayang golek dari berbagai komunitas yang sengaja datang. Salah satunya dari komunitas pecinta wayang golek bogor raya yang sengaja menyempatkan datang ke lokasi.

“Meskipun perjalanan berjam jam alhamdulilah bisa hadir dan silaturahmi,” ujar Mistar mengakhiri perbincangan. (Djava)

Share.

Leave A Reply