banner-hjb-534-pemkab>

Timnas Indonesia Taklukan Thailand 2-1 di Pakansari

0

Cibinong, bogorpos.com – Timnas Indonesia menang dengan skor tipis 2-1 atas Timnas Thailand dalam leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016). Rizky Pora dan Hansamu Yama jadi pencetak gol sekaligus pahlawan tim Garuda dalam pertandingan tersebut.

Meski agregat kurang meyakinkan, kemenangan ini tentu jadi modal penting bagi skuat Alfred Riedl untuk menghadapi pertandingan kedua pada 17 Desember nanti di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Timnas Garuda cukup menahan imbang Thailand dengan skor berapapun agar tercatat sejarah sebagai perengkuh trofi turnamen dua tahunan antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Sebagai catatan, Sejak berformat final kandang-tandang, tim pemenang leg pertama selalu berakhir menjadi juara.

Jalannya pertandingan

Pada awal laga, kedua tim tampak bermain sangat hati-hati sehingga tak terjadi tembakan ke arah gawang. Baru pada menit kesembilan terjadi peluang bagus yang diperoleh Thailand. akibat blunder Rizky Pora saat memberi backpass ke pemain belakang Indonesia.

Beruntung, Chanathip Songkrasin, yang dibayang-bayangi Hansamu gagal memaksimalkan peluang setelah tembakannya melebar di sisi kanan gawang Kurnia Meiga.

Memasuki menit ke-15, barisan penyerang Thailand kembali mengancam gawang Indonesia. Namun, tendangan voli Sarawut melambung jauh di atas mistar.

Tak berapa lama Indonesia menderita kerugian cukup besar ketika Andik Vermansah terpaksa ditarik keluar pada menit ke-19 karena mengalami cedera hamstring. Dia mengalami cedera tersebut seusai mengalami benturan dengan Sarach Yooyen.

Pemain Selangor FA itu lantas ditarik keluar dengan ditandu. Zulham Zamrun lantas ditunjuk Riedl menggantikan Andik.

Pasca insiden tersebut, nyaris tak ada ancaman serius dari kedua tim untuk lawannya. Baru pada menit ke-33, Thailand berhasil mendapatkan peluang emas yang kali ini berujung gol.

Umpan Theerathon Bunmathan dari sisi kanan pertahanan Indonesia dengan sempurna dimanfaatkan oleh striker Teerasil Dangda dengan sundulan yang terarah ke sisi kiri bawah. Ini gol keenam Teerasil selama Piala AFF 2016.

Hanya berselang enam menit, Thailand kembali menghadirkan ancaman sangat serius. Kali ini giliran Chanathip Songkrasin yang mendapatkannya ketika mengeksekusi bola umpan silang dari sisi kanan. Beruntung, tendangan Chanathip dari dalam kotak penalti tepat di pelukan Kurnia Meiga.

Hingga turun minum, tak ada gol tambahan lagi. Thailand masih memimpin 1-0.

Awal babak kedua, permainan yang diperagakan kedua tim tak jauh berbeda seperti babak pertama. tekanan berbahaya Thailand terjadi lagi pada menit ke-61. Dari skema serangan balik, Sarawut dan Teerasil lolos dari hadangan barisan pertahanan Indonesia.

Sebelum jatuh dihadang Abduh Lestaluhu, Teerasil lebih dulu memberikan umpan kepada Sarawut yang menusuk ke dalam kotak penalti. Tetapi, tendangannya bisa dihalau Kurnia Meiga.

Empat menit kemudian, stadion Pakansari bergemuruh ketika Indonesia bisa mencetak gol balasan melalui tendangan keras Rizky Pora. Bola tembakan Rizky dari luar kotak penalti menembus sisi kiri gawang Kawin Thamsatchanan setelah membentur punggung bek Thailand sehingga bola berubah arah dan kiper pun mati langkah.

Tak lama kemudian, seisi stadion kembali bersorak karena bek jangkung Indonesia, Hansamu Yama melakukan sundulan mematikan hasil umpan sepak pojok Rizky Pora.

Ini adalah gol kedua Hansamu selama Piala AFF 2016, setelah yang pertama ketika melawan Vietnam pada leg pertama semifinal, juga melalui sundulan di stadion Pakansari.

Pada menit-menit akhir waktu normal, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas. Ferdinand Alfred Sinaga, yang masuk menggantikan Boaz pada menit ke-78, berhasil mengecoh satu bek lawan sebelum melepaskan tendangan keras yang ditepis kiper Thailand. Namun sayang, rebound yang dilakukan Lerby Eliandy yang terlalu lemah sehingga mudah diantisipaso kiper Thailand.

Hasil lengkap :

Indonesia 2-1 Thailand (Rizky Pora 65′, Hansamu Yama 70′ ; Teerasil Dangda 33′)

Indonesia: 1-Kurnia Meiga, 2-Beny Wahyudi (12-Lerby Eliandy 70′), 3-Abduh Lestaluhu, 16-Fachruddin, 23-Hansamu Yama, 25-Manahati Lestusen, 19-Bayu Pradana, 14-Rizky Pora, 8-Stefano Lilipaly, 21-Andik Vermansah (10-Zulham Zamrun 20′), 7-Boaz Solossa (9-Ferdinan Sinaga 78′)

Cadangan: 22-Teja Paku Alam, 26-Andritany, 4-Abdul Rachman, 6-Evan Dimas, 9-Ferdinan Sinaga, 10-Zulham Zamrun, 11-Dedi Kusnandar, 12-Lerby Eliandy, 13-Yanto Basna, 17-Muchlis Hadi, 18-Bayu Gatra, 27-Gunawan Dwi Cahyo

Pelatih: Alfred Riedl

Thailand: 1-Kawin Thamsatchanan, 3-Theerathon Bunmathan, 5-Adison Promrak, 15-Koravit Namwiset, 19-Tristan Do, 4-Kroekrit Thaweekarn (2-Peerapat Notchaiya 69′), 6-Sarach Yooyen, 18-Chanathip Songkrasin, 21-Pokklaw Anan (7-Charyl Chappuis 80′), 14-Sarawut Masuk (9-Siroch Chatthong 73′), 10-Teerasil Dangda

Cadangan: 20-Sinthaweechai Hathairattanakool, 23-Chanin Sae-ear, 2-Peerapat Notchaiya, 7-Charyl Chappuis, 9-Siroch Chatthong, 11-Mongkol Tossakrai, 12-Adul Lahsoh, 16-Pratum Chuthong, 17-Tanaboon Kesarat, 29-Rungrath Poomchantuek, 35-Prakit Deeprom, 36-Pravinwat Boonyong

Pelatih: Kiatisuk Senamuang

Wasit: Jumpei Iida (Jepang)

Share.

Leave A Reply