banner-hjb-534-pemkab>

Waspada! Pengidap HIV-AIDS di Bogor Meningkat, Bagaimana Menanganinya?

0

Bogor, bogorpos.com – Dari jumlah penduduk Kota Bogor yang menyentuh satu juta jiwa, tercatat 600 orang positif mengidap HIV. Mayoritas dari mereka adalah pelajar yang berusia 15 sampai 19 tahun. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding dengan tahun lalu.

Untuk itu, Penanggulangan penularan virus HIV-AIDS di Kota Bogor harus mendapat penanganan lebih intens. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala KPA Iwan Suryawan saat Rapat Kerja Daerah KPA Kota Bogor yang dilaksanakan di Sempur Park Hotel, Selasa (13/12/2016).

“Jika tahun ini kita hanya sosialisasi di majelis taklim dan sekolah, tahun depan kita akan sosialisasi langsung ke tiap-tiap rumah warga,” ujar Iwan.

Iwan menjelaskan, Kota Bogor memiliki 340 kader di masing-masing kelurahan, dan semuanya siap untuk membantu warga. Jumlah kader yang menempati peringkat satu nasional ini diharapkan bisa menjadi penyalur informasi utama untuk penanggulangan AIDS.

Iwan memaparkan, tahun depan, dari 140 ribu total rumah yang ada di Kota Bogor, minimal 20% rumah harus mendapat sosialisasi langsung mengenai penanggulangan AIDS. Sosialisasi terutama akan dilakukan di keluarga yang bermasalah. Karena terindikasi bahwa keluarga bermasalah cenderung rentan terkena virus HIV yang menular lewat penggunaan jarum suntik bekas narkoba atau melalui seks bebas. (M.Sigit/eto)

Share.

Leave A Reply