Son Heung-min saat menjalani wajib militer di Korea Selatan. (Foto: AFP/YONHAP)
Son Heung-min saat menjalani wajib militer di Korea Selatan. (Foto: AFP/YONHAP)
Olahraga  |   |  Ibrahim

Son Heung-min Bawa Senapan saat Wajib Militer

Pemain depan milik klub Inggris Tottenham Hotspur, Son Heung-min saat ini sedang menjalani sebuah tugas negara bernama wajib militer. Hal ini tampak dari sosoknya yang sempat tertangkap kamera memakai pakaian militer sambil menenteng senjata.

Bulan lalu, Son pulang kampung ke Korea Selatan untuk memenuhi tugasnya menjalani wajib militer. Sudah menjadi kewajiban bagi semua pria di Korsel dalam rentang usia 18 hingga 28 tahun harus menjalani wamil selama 21 bulan.

Ada kebebasan untuk beberapa warga bisa tidak menjalani wamil, termasuk bagi atlet yang mengharumkan nama Korea Selatan. Son menjadi salah satu atlet yang mendapatkan kebebasan ini usai mengantar Timnas U-23 Korea Selatan menjadi peraih medali emas di Asian Games 2018.

Son sendiri tidak benar-benar bebas dari wajib militer ini. Ia harus tetap menjalaninya. Hanya saja ia hanya butuh waktu tiga pekan untuk menjalaninya, tidak sampai 21 bulan seperti lazimnya warga yang lain.

Dilansir TalkSport, kini sudah dua minggu lebih Son menjalani wajib militer. Selama itu, ia tidak mendapatkan perlakuan spesial. Ia dilatih bagaimana caranya menggunakan senjata, juga ikut dalam pelatihan fisik berupa lari lintas alam ataupun angkat beban.

Bukan cuma itu, Son pun dilatih masuk ke dalam ruangan penuh gas, serta mempelajari bahan-bahan yang bersifat kimiawi dan biologis. Ia juga belajar soal radiologi, nuklir, dan kedisiplinan.

Son dikabarkan akan kembali ke London pada pertengahan Mei ini. Namun, sesampainya di sana, ia harus menjalani karantina dulu selama dua pekan sebelum kembali bergabung dengan rekan setimnya yang lain.

Saat ini, Tottenham Hotspur dikabarkan sudah membuka fasilitas latihannya pada Selasa (28/4/2020) lalu. Para pemain sudah boleh berlatih di sana, dengan tetap menerapkan physical distancing.

Premier League sendiri dikabarkan akan bergulir kembali pada Juni 2020. Akan tetapi, rencana ini masih digodok oleh klub-klub, pemerintah Inggris, dan pihak Premier League selaku operator liga.

Sepakbola Totenham Hotspurs Korea Selatan Son Heung-min Wajib Militer